Berita

HUT ke-4, Sembilan Tokoh Nasional Dianugerahi JMSI Initiative Award

KOMENTAR
post image

Sebanyak sembilan tokoh nasional mendapatkan penghargaan dari Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) atas kontribusi dan dukungan yang mereka berikan di masa masa pendirian organisasi perusahaan pers itu.

Kesembilan nama penerima JMSI Initiative Award tersebut diumumkan dalam syukuran HUT ke-4 JMSI di Roemah Djan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (8/2).

Berita Terkait


“Penghargaan ini diberikan kepada tokoh nasional yang mendukung inisiatif kami mendirikan JMSI sebagai upaya untuk ikut membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional,” ujar Sekretaris Jenderal JMSI Eko Pamuji dalam penjelasannya.

Kesembilan penerima JMSI Initiative Award itu adalah Ustad Abdul Somad, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta (2017-2022) Anies Baswedan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua KPK (2019-2023) Firli Bahuri, Budayawan Jaya Suprana, Ketua Dewan Pers (2019-2022) Mohamad Nuh, dan pengusaha nasional Tomy Winata.

Kesembilan tokoh ini akan diundang menghadiri resepsi HUT ke-4 JMSI yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 Februari di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Eko menjelaskan, tokoh-tokoh ini memberikan dukungan dan kontribusi dengan cara mereka masing-masing. Intinya, mereka percaya bahwa kehadiran organisasi seperti JMSI dibutuhkan tidak hanya dalam rangka mengembangkan kehidupan pers nasional, namun juga untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara secara umum termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Bagaimana pun juga, pers yang profesional di era digital dan post truth ini adalah harapan dan pelita kita bersama. Suluh menuju cita-cita Indonesia Emas,” ujar Eko lagi.

Selain kesembilan tokoh nasional ini, JMSI juga akan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh daerah yang memberikan kontribusi berfarti bagi pengembangan kehidupan pers di daerah. Penghargaan kategori itu juga akan diserahkan pada tanggal 19 Februari.

Sebelumnya, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa mengatakan, usia JMSI yang baru empat tahun terbilang muda. Di sisi lain, ini mengingatkan bahwa ruang bagi JMSI untuk tumbuh dan berkembang masih sangat luas. Dia mengingatkan agar anggota JMSI tidak berhenti untuk terus berinovasi dan berkolaborasi.

Teguh misalnya mencatat aplikasi SemuaNews yang diluncurkan bulan Juli 2023 lalu dapat digunakan sebagai instrumen pendorong peningkatan kualitas anggota. Karena hanya anggota-anggota yang telah memenuhi sejumlah syarat yang dapat bergabung di aplikasi itu.

Pada bagian lain Teguh menggarisbawahi peranan media menjelang Pemilu 2024 yang sudah di depan mata. Teguh mengutip laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyebutkan bahwa sejak tahun lalu hingga kini informasi berbuansa hoax dan ujaran kebencian juga politik identitas mengalami penurunan.

Menurut Teguh, hal ini dimungkinkan karena masyarakat pers nasional semakin memiliki kesadaran untuk mendistribusikan berita-berita yang konstruktif dan produktif bagi kehidupan demokrasi di tanah air. Ini juga mencerminkan penghormatan terhadap etika jurnalistik yang semakin baik.

Namun, dia mengingatkan, pengelola media dan wartawan di garis terdepan harus tetap berhati-hati agar tidak terjebak pada diseminasi informasi yang mengandalkan kebencian semata.

Teguh percaya bahwa semakin dewasa kehidupan pers nasional, maka akan semakin berkualitas demokrasi yang dipraktikkan di Indonesia.

Pada bagian akhir Teguh mengucapkan selamat berjuang pada pengurus JMSI yang ikut dalam kontestasi Pemilu 2024.

Tidak ada larangan bagi pengurus JMSI yang bukan wartawan untuk ikut dalam kontestasi politik, ujar Teguh.

Teguh mengatakan, dirinya menilai pemilu sebagai instrumen untuk mendukung konsolidasi politik suatu bangsa.

Syukuran HUT ke-4 JMSI juga dihadiri sejumlah pengurus teras JMSI seperti anggota Dewan Pakar Arief Gunawan, Bendahara Umum Rianto Anto Geng, Ketua Bidang Kesekretariatan dan Pendataan Anggota Ari Rahman, Wakil Ketua Bidang Luar Negeri Yophiandi, Sekretaris Bidang Luar Negeri Sarah Gunawan, Sekretaris Bidang Hukum Hardi Firman, Anggota Bidang Hukum Eko Sembiring, dan Sekretaris Bidang Litbang yang juga Ketua Panitia HUT JMSI Wayan Sudane. Ketua JMSI Jawa Barat Sony Fitrah dan Ketua JMSI Banten Wahyu Hariyadi juga hadir dalam kegiatan ini.

Selain di Jakarta, syukuran HUT ke-4 JMSI juga digelar sejumlah Pengurus Daerah JMSI seperti di Aceh, Riau, dan Kalimantan Timur. 

Foto Lainnya

JMSI Kaltim Raih Gold Sertifikat, Hero Mardanus Harapkan Dorong Pemberitaan Positif

Sebelumnya

Sejumlah Pejabat, Tokoh Masyarakat, dan Koorporasi Terima Penghargaan di HUT JMSI

Berikutnya

Artikel Berita