Berita

Antisipasi Hoax, JMSI Batu Bara : Media Miliki Peran Penting Sukseskan Pemilu 2024

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Batu Bara, Alvian Khomeini.

Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Batu Bara, Alvian Khomeini, meminta masyarakat, khususnya di Batu Bara berhati-hati dalam melakukan aktivitas di media sosial, baik dalam berkomentar maupun membagikan informasi, guna mencegah hoaks terkait Pemilu 2024.

“Seperti yang terjadi belakangan ini, beredarnya rekaman suara di salah satu akun tiktok yang mencantumkan foto pejabat publik, yaitu Kajari, Pj Bupati, Kapolres Kabupaten Batu Bara dam Dandim Asahan yang ternyata itu hoax. Tentu kita jangan langsung percaya apalagi menshare informasi yang belum tau kebenarannya,” ujar  Khomeini, Selasa (16/1/2024).

Berita Terkait


Selain itu, Alvian juga mendorong rekan-rekan media untuk selalu mengedepankan kebenaran dan fakta. Sebagai perpanjangan informasi ataupun penangkal informasi-informasi hoax yang menyesatkan.

“Melawan hoax sama saja melawan pembodohan,” ujarnya lagi.

Dikatakannya, bahwa peran media dinilai sangat penting karena berfungsi sebagai penyampai informasi, edukasi dan juga penangkal hoaks kepada publik.

“Karena kita berbicara pemilu, maka bagaimana peran media itu dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu 2024. Media tidak hanya dalam menyebarkan informasi, edukasi, tapi juga menangkal hoax,” masih katanya.

Selain itu, kata dia, peran media juga bisa meluruskan, menyaring (informasi) hingga menangkal hoaks.

 

Foto Lainnya

JMSI: Perpres 32/2024 Jangan Disalahartikan Hanya Urusan Business to Business

Sebelumnya

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Berikutnya

Artikel Berita