Berita

Bamsoet Mendorong Media Massa Sejukkan Iklim Politik

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap media massa mampu menyejukkan iklim politik yang memanas jelang Pemilu 2024.

"Menjelang penyelenggaraan pemilu 2024, saya berharap media massa juga memiliki peran penting dan strategis dalam mengondisikan suasana yang menyejukkan iklim politik kita," kata Bamsoet di Badung, Bali, Minggu (3/12).

Bamsoet mengatakan, peran penting media dalam dinamika politik Indonesia bisa dilakukan melalui pemberitaan yang akurat, objektif dan berimbang.

"Yang akan mendorong terwujudnya masyarakat yang melek informasi, yang dapat memilih dan memilah informasi secara cermat dan bijaksana," kata Bamsoet.

Dia menambahkan, pemberitaan yang sehat juga berfungsi sebagai penyeimbang, sekaligus sebagai filter atas masih maraknya informasi yang menyesatkan atau hoaks yang begitu mudah tersebar melalui berbagai platform media sosial.

"Dewasa ini, peran media massa menjadi semakin krusial, di era keterbukaan informasi publik, yang berkelidan dengan lompatan kemajuan hingga kerasnya arus globalisasi yang nyaris menghapuskan sekat-sekat teritorial antar negara," kata Bamsoet.

Menurutnya, globalisasi adalah keniscayaan yang sulit dihindari dan ibarat pisau bermata dua satu sisi dapat memperluas cakrawala dan perspektif dalam memandang dunia.

"Namun di sisi lainnya, menyertakan nilai-nilai yang dapat mengikis kepribadian, dan jati diri kita sebagai bangsa, mempertahankan dan merawat kepribadian keindonesian kita sebab jati diri bangsa adalah tugas kolektif kita bersama," kata Bamsoet.

"Oleh karenanya, diperlukan partisipasi dan semangat kebersamaan, dari setiap elemen masyarakat termasuk media massa, termasuk saudara-saudara semua melalui penyebarluasan paham dan kebangsaan," sambungnya.

Foto Lainnya

JMSI: Perpres 32/2024 Jangan Disalahartikan Hanya Urusan Business to Business

Sebelumnya

Ketua Umum JMSI Terima Press Card Number One

Berikutnya

Artikel Berita