Berita

Menuju Kongres, Tim PWI Pusat Rampungkan Penyempurnaan PD-PRT

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Selama dua hari, Selasa (1/8) dan Rabu (2/8), Tim Perumus Penyempurnaan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar pertemuan di Sekretariat PWI di lantai 4 Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Hasil kerja tim ini akan dibawa ke arena Kongres  XXV PWI yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 24 sampai 27 September 2023 mendatang.

Berita Terkait


Selain PD/PRT, Tim juga membahas penyempurnaan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan (KPW) . Tim perumus dipimpin Zulkifli Gani Ottoh dengan sekretaris Nurcholis MA Basyari, dan anggota yang tim terdiri dari berbagai unsur di kepengurusan PWI.

Zulkifli Gani Ottoh mengatakan bahwa Penyempurnaan PD-PRT, KEJ, dan KPW ini dilakukan setelah menampung berbagai saran dan pendapat dari anggota maupun Pengurus PWI Pusat,  PWI Provinsi, Dewan Kehormatan (DK) dan Dewan Penasihat (DP).

"Tugas tim memformulasikan berbagai  saran untuk penyempurnaan PD-PRT PWI, khususnya yang dinilai sesuai dengan perkembangan organisasi dan keadaan di luar organisasi yang perlu diantisipasi agar PWI dapat semakin bermanfaat bagi bangsa dan negara, kemerdekaan pers, maupun anggotanya," ujar Zulkifli Gani Ottoh.

Pada hari pertama, Selasa (1/8), tim resmi yang dibentuk PWI Pusat berhasil menyelesaikan penyempurnaan Peraturan Dasar (PD) dan KEJ.

Untuk penyempurnaan Peraturan Rumah Tangga (PRT) ditargetkan diselesaikan di hari kedua, Rabu (2/8).

Tim menunda penyempurnaan KPW, karena banyak hal yang harus digodok dan disinkronkan, sehingga baru akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Zulkifli Gani Ottoh menegaskan, formulasi penyempurnaan PD-PRT memang harus diselesaikan sebelum  Kongres 2023 dan dilaporkan kepada Pengurus PWI Pusat.

"Hasil kerja tim akan dijadikan sebagai materi bahasan pada kongres, dan draf hasil penyempurnaan/amandemen PD-PRT serta  lain-lainnya  akan dibahas dan di dilaporkan pada Kongres XXV PWI 2023," ujar Zulkifli Gani Ottoh,  yang juga Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat tersebut.

Pada hari pertama, Selasa (1/8), rapat penyempurnaan  PD-PRT  berlangsung sejak pagi hingga malam, dihadiri Ketum PWI Pusat yang juga Penanggung Jawab Tim PD-PRT Atal Sembiring Depari dan  Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi; Ketua Tim Zulkifli Gani Ottoh,  Sekretaris Tim Nurcholis MA Basyari;  Sekretaris DK PWI Pusat Sasongko Tedjo; Staf  Ahli Ketua Umum Wina Armada Sukardi;  Staf Ahli Ketua Umum Agus Sudibyo; Anggota Dewan Penasihat Banjar Chaerudin; Ketua DKP PWI Sulteng Mahmud Matangara;  Ketua PWI Kota Bandung Hardiyansyah.

Pembahasan lanjutan mengenai PRT pada hari kedua juga berlangsung sejak pagi hingga malam.

"Keseluruhan draf dari 2 hari rapat finalisasi penyempurnaan PD-PRT dan KEJ ini akan dibawa ke Kongres XXV PWI di Bandung, Jabar," ujar Nurcholis Basyari, Rabu malam (2/8).

"Apa yang kita rembukkan ini semuanya untuk kepentingan organisasi," terang sekretaris tim penyempurnaan PD PRT, KEJ dan KPW PWI Pusat itu.

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita