Berita

Di HUT Ke-2, Ketum JMSI: Ruang Publik Harus Diisi Karya Jurnalistik Profesional dan Beretika

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa/Repro

Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) baik di pusat maupun di daerah diingatkan bahwa status sebagai konstituen Dewan Pers yang telah diperoleh organisasi perusahaan pers membuat tugas dan tanggung jawab semakin berat untuk membangun ekosistem pers yang sehat dan profesional.

Hal ini disampaikan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa ketika membuka peringatan HUT ke-2 JMSI, melalui rekaman video yang diputar di lokasi kegiatan di Hotel Plaza Kubra, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2).

Berita Terkait


Kegiatan bertema “Mengarusutamakan Media Siber sebagai Pengawal Agenda Strategis Nasional, dari Anti-Korupsi hingga Alih-Energi” diselenggarakan secara hybrid dan diisi dengan berbagai diskusi yang antara lain menghadirkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Menteri Negara BUMN Erick Thohir.

Teguh Santosa tidak dapat menghadiri peringatan ulang tahun tersebut karena harus berbicara di sebuah konferensi di Caracas, Venezuela.

“Kawan-kawan, kita sudah berusia dua tahun, dan alhamdulillah kita juga telah dinyatakan menjadi konstituen Dewan Pers. Saya hanya ingin menggarisbawahi bahwa status kita sebagai konstituen Dewan Pers membuat tugas dan tanggung jawab kita semakin berat,” ujar CEO RMOL Network tersebut.

Teguh mengajak seluruh pengurus JMSI baik di pusat maupun di daerah bekerja sama untuk membantupemilik dan pengelola media siber anggota JMSI agar memiliki kapasitas yang baik dalam menjalankan usaha.

“Dan juga agar kawan-kawan wartawan yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang menjadi anggota JMSI memiliki kecakapan, kompetensi, yang memadai. Sehingga ruang publik di Indonesia dipenuhi dengan karya-karya jurnalistik yang profesional, yang sesuai dengan kaidah dan etika pers,” ujar Teguh Santosa yang juga dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Tokoh lain yang juga mengisi peringatan ulang tahun JMSI adalah Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Pusat Anggawira, Ketua Komite Tetap energi Terbarukan dan Gerakan Netzero Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Muhammad Yusrizki, dan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Adapun untuk tokoh lokal di wilayah Sultra yang akan mengisi antara lain Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Bupati Buton La Bakry, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Ketua BPC HIPMI Kab. Konawe Selatan Dirga Mubarak, Ketua Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Rusmin Abdul Gani, dan Tokoh Masyarakat Sultra Mayjen (Purn) Andi Sumangerukka.

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita