Berita

Gelar Diskusi Daring, JMSI Aceh Bahas Kemenangan Taliban

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Lambang JMSI

Dinamika politik global tidak lepas dari sorot pandang Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh. Salah satu yang menyita perhatian adalah tentang keberhasilan Taliban menguasai Kabul secara cepat dan tanpa pertumpahan darah.

 

Berita Terkait


Sekretaris JMSI Aceh, Akhiruddin Mahjuddin mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar sebuah diskusi untuk membuka cakrawala masyarakat tentang situasi yang sebenarnya terjadi dan masa depan Afghanistan.

“Termasuk untuk melahirkan perspektif baru tentang Taliban yang kini de facto berkuasa di negara tersebut,” ujarnya kepada Tim Redaksi JMSI, Kamis (19/8).

Diskusi bertajuk “Konstelasi Global Pasca Kemenangan Taliban di Afghanistan” akan menghadirkan 3 orang narasumber.

Dua di antaranya merupakan wartawan senior yang sempat meliput perang di Afghanistan pada tahun 2001.

Keduanya adalah Teguh Santosa dan Imam Soemarsono. Saat perang Afghanistan, Teguh Santosa dan Imam Soemarsono meliput dari dua tempat yang berbeda.

Teguh Santosa dari wilayah utara, yang berbatasan dengan Uzbekistan, sedangkan Imam Soemasono dari wilayah selatan yang berbatasan dengan Pakistan.

Teguh Santosa kini menjabat sebagai CEO RMOL.ID dan hasil pengalaman liputannya selama perang Afghanistan terangkum dalam buku “Di Tepi Amu Darya”.

Selain mengundang narasumber kedua wartawan senior tersebut, JMSI Aceh juga menghadirkan Akbar Nugroho, seorang pekerja kemanusiaan yang sejak 2011 hingga 2019 yang menetap di Afganistan dan sempat ikut dalam program UNAMA (United Nations Assistance Mission in Afghanistan).

Diskusi akan berlangsung secara daring pada Jumat (20/8), pukul 14.15 hingga 16.00 WIB. Pengurus JMSI Aceh, yang juga CEO anteroaceh.com, Ihsan Yunadi didaulat menjadi moderator.

Diskusi terbuka untuk umum. Untuk berpartisipasi dalam kegiatan itu, dapat langsung joint lewat zoom ke alamat https://us02web.zoom.us/j/81691124795 pwd=TU1uTmEya2NmbVYyYjlKaG9rUTlpQT09 atau Meeting ID: 816 9112 4795. Passwordnya, jmsiaceh.

Foto Lainnya

Wali Kota Semarang Berharap Kehadiran JMSI Menjadi Wadah Media Digital di Jawa Tengah

Sebelumnya

Dewan Pers Optimistis MK Tolak Permohonan Uji Materi UU No.40/1999 Tentang Pers

Berikutnya

Artikel Artikel