Berita

Ishak Mekki: Di Tengah Era Keterbukaan, Kemerdekaan Pers Semakin Dibutuhkan

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
H. Ishak Mekki saat menerima Pengda JMSI Sumatera Selatan

Kemerdekaan pers menjadi salah satu elemen penting yang harus hadir di tengah era keterbukaan seperti sekarang ini. Tentu saja yang dimaksud dengan kemerdekaan pers bukanlah kebebasan yang kebablasan, melainkan kebebasan pers yang berorientasi pada pembangunan dan kemajuan bangsa dan negara.

Demikian antara lain pesan H. Ishak Mekki ketika menerima kunjungan Pengurus Daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Sumatera Selatan di kediaman pribadi, Selasa siang (5/1).

Berita Terkait


Dalam kunjungan itu, Pengda JMSI Sumatera Selatan yang dipimpin Agus Harizal meminta kesediaan Ishak Mekki menjadi Dewan Pembina JMSI  Sumatera Selatan.

Ishak Mekki menyanggupi dan Anggota DPR RI Komisi V ini mengatakan dirinya bangga diberi kepercayaan menjadi Dewan Pembina sebuah organisasi perusahaan pers online.

“Saya menyambut baik, memberikan dukungan dan support. Mudah-mudahan dapat melakukannya tugas dengan baik dapat membuat berita profesional,” katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumsel ini juga menambahkan, kehadiran media semakin dibutuhkan masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19.

“Bekerja sebagai profesional dan berwibawa. Banyak organisasi begitu berjalan tidak ada gaung nya. Bagaimana supaya kedepan, jangan banyak berkomentar tapi sekali berkomentar bergetar mewujudkan informasi yang sangat diharapkan masyarakat,” sambung mantan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dua periode ini.

Masih kata anggota lembaga legislatif yang beken dengan program bedah 1.000 unit rumah di Sumsel ini, media jangan sampai terkungkung oleh pihak tertentu.

“Sekali-kali action, tunjukkan. Jarang memuat, sekali memuat meradang. Bukan berarti kita harus oposisi malawan pemerintah. Tapi tetap harus bermitra. Kalau ada hal yang mengkritik silahkan. Dan itu Insya Allah bermanfaat bagi masyarakat,” sambung suami Hj Tartila Ishak ini.

H Ishak Mekki yang merupakan orang tua dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel, H Muchendi Mahzareki, juga mengingatkan pada para awak media untuk terus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Seperti menjaga jarak, pakai masker dan juga mencuci tangan dengan air yang mengalir.

“Mudah mudahan Covid-19 cepat berakhir. Yang jelas saya support JMSI Sumsel. Mudah-mudahan pelantikan dan Pengukuhan lancar dan banyak bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai pembina saya minimal memonitor,” terang dia.

Sementara itu Ketua JMSI Sumsel, Agus Harizal,  mengatakan, pihaknya sengaja beraudensi dengan tokoh masyarakat Sumsel yang juga Anggota DPR RI H Ishak Mekki untuk minta restu menjelang pelantikan dan pengukuhan yang menurut rencana akan dilaksanakan di Griya Agung, Palembang, Sabtu (30/1).

“Alhamdulillah Pak Ishak Mekki sangat support pada kita. Beliau juga memberikan wajangan pada kami untuk tetap menjadi media yang profesional, kritis dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Agus yang juga Pimpinan Perusahaan Media Suara Nusantara ini.

Dalam audensi tersebut H Ishak Mekki didampingi Tenaga Ahli DPR RI yang juga Dewan Pakar JMSI Sumsel Heriyanto. Sementara perwakilan JMSI Sumsel, yang dipimpin Agus Harizal didampingi Sekretaris Panitia Pelaksana Pelantikan dan Pengukuhan JMSI Sumsel, Edi Triono.

Foto Lainnya

UPN Veteran Yogyakarta Dipercaya Dewan Pers Gelar UKW Gratis Di Sumsel dan Gorontalo

Sebelumnya

Ketua Umum JMSI: Kewajiban Kita Hasilkan Karya Jurnalistik yang Konstruktif

Berikutnya

Artikel Berita