Artikel

Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel Gelar Donor Darah

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Paguyuban Sinar Mas bersama Jaringan Media Siber Indonesia ( JMSI) Sumatera Selatan, mengadakan layanan kesehatan gratis dan donor darah, menggandeng Dinas Kesehatan dan PMI Kota Palembang, di Galeri Smartfren, Jakabaring, Kamis (9/6/2022).

Ketua Paguyuban Sinar Mas Sumsel, Iwan Setiawan mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Hipertensi se-Dunia, dan bulan gerakan deteksi dini penyakit tidak menular, serta Hari Donor Darah se-Dunia.

Berita Terkait


“Kegiatan sosial seperti ini rutin kami laksanakan. Kami berharap masyarakat Jakabaring dan sekitarnya bisa mendapatkan manfaat dengan adanya cek kesehatan gratis dan donor darah,” ujar Iwan.

Dalam kegiatan ini masyarakat bisa melakukan pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tensi darah, lingkar perut, gula darah, kolesterol, dan tingkat stres. Bagi wanita bisa melakukan Test IVA untuk screening kanker serviks dan SADANIS untuk deteksi dini kanker payudara.

Ketua JMSI Sumsel, Agus Harizal mengatakan, dalam kegiatan ini para pegiat donor tidak hanya semata mendonorkan darah saja. Tetapi juga menjalin komunikasi dan terorganisasi untuk mengajak, mengedukasi dan mensosialisasikan manfaat donor darah kepada masyarakat di lingkungan.

Donor darah ini merupakan wujud kolaborasi yang terjalin baik antar Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel.

"Kami harapkan kegiatan ini terus mendapatkan antusiasme masyarakat, sehingga hasil donor darah bermanfaat untuk yang membutuhkan," jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Dr Fenty Aprina menambahkan, darah sangat dibutuhkan sebagian masyarakat untuk transfusi darah.

Fenty terus mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran mendonorkan darahnya, sebab bantuan darah sangat penting dalam menolong nyawa orang lain.

"Saya mengapresiasi bakti sosial Paguyuban Sinar Mas dan JMSI Sumsel. Kegiatan seperti ini perlu diadakan rutin agar mutu kesehatan warga meningkatkan," ujarnya.

Dalam kegiatan ini diserahkan plakat dari Paguyuban Sinar Mas kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dan Humas PMI Kota Palembang. Begitu pula sebaliknya.

Foto Lainnya

Prof. Bagir Manan, Krisis Intelektual, dan Ancaman Kemerdekaan Pers dari RUU KUHP

Sebelumnya

Indonesia Menangis, Tiada lagi Prof Azyumardi Azra

Berikutnya

Artikel Berita