Berita

Dibuka, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 Berhadiah Rp 245 Juta

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberikan ruang yang lebih luas bagi wartawan untuk unjuk karya di arena Anugerah Jurnalistik Adinegoro (AJA) 2023.

Mengutip Ketua Umum PWI Hendry Ch. Bangun, Anugerah Jurnalistik Adinegoro merupakan apresiasi PWI untuk masyarakat pers yang bekerja dengan semangat profesionalisme.

Berita Terkait


Dalam penyelenggaraan AJA 2023, panitia menyiapkan hadiah uang tunai dengan total Rp 245 juta.

Menurut Ketua Panitia AJA tahun 2023, Rita Sri Hastuti, AJA 2023 mengusung tema “Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi” dan memperlombakan tujuh kategori karya jurnalistik.

Pertama, kategori Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media cetak (AA1). Lalu, Liputan Berkedalaman untuk media siber (AA2), Liputan Berkedalaman untuk media televisi (AA3), dan Liputan Berkedalaman untuk media radio (AA4).

Selain itu juga ada kategori Karya Foto Jurnalistik untuk Media Cetak dan Media Siber (AA5), kategori Karikatur Opini untuk Media Cetak dan Media Siber (AA6), danKarya Jurnalistik Video Media Sosial (AA7).

"Batas waktu pengiriman naskah, tanggal 30 November 2023, pukul 23.59 WIB," ujarnya.

RSH menjelaskan peserta dapat mengirimkan karya ke laman khusus yang disediakan panitia, yakni https://s.id/ADINEGORO2023.

“Karya yang dikirim baik media cetak, media siber, media televisi, media radio, maupun video media sosial tidak bersambung/tidak berseri," jelasnya.

Menurut RSH, peserta dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan di media cetak, media siber, media televisi, media radio, atau media video media sosial periode 1 Desember 2022 hingga 30 November 2023.

Pengiriman naskah sudah dibuka sejak 1 Oktober 2023 dan ditutup pada 30 November 2023.Penjurian berlangsung pada bulan Desember dengan dewan juri terdiri atas tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

"Pemenang untuk setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 35 juta," ungkapnya.

“Kami harapkan kalangan jurnalis Indonesia berpartisipasi dan ikut serta dalam penghargaan bergengsi ini tanpa melupakan Kode Etik Jurnalistik,“ ujar Rita Sri Hastuti lagi.

Diharapkan seluruh media massa di Tanah Air, cetak, daring, televisi, radio, mengimbau wartawannya agar menjadi peserta Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023.

Foto Lainnya

JMSI Bali Sebut RUU Penyiaran Produk Hukum Yang Lucu dan Konyol

Sebelumnya

JMSI Kalbar Bersama Organisasi Media Dan Profesi Jurnalis Tolak RUU Penyiaran

Berikutnya

Artikel Berita