Berita

Jelang Pemilu 2024, Hadirkan Ruang yang Cukup Bagi Perturakan Gagasan

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Ketua Umum JMSI Teguh Santosa (ketiga dari kiri).

Menjelang Pemilu 2024, media massa, khususnya yang tergabung dalam Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) diimbau untuk memberikan ruang yang cukup luas bagi persoalan yang terjadi di tengah masyarakat dan gagasan-gagasan yang ditawarkan untuk memperbaiki keadaan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum JMSI Teguh Santosa dalam diskusi yang digelar JMSI Jakarta di Petra Restaurant, Jumat sore (18/8) menjawab pertanyaan dari salah seorang peserta diskusi mengenai apa yang harus dilakukan anggota JMSI untuk memperbaiki nasib puluhan juta rakyat Indonesia yang masih berada di garis dan di bawah garis kemiskinan.

Berita Terkait


“Yang bisa dilakukan JMSI adalah mendorong anggota-anggotanya, yang adalah perusahaan pers, untuk memberikan ruang yang cukup, pertama bagi (pemberitaan) kondisi yang betul-betul dialami masyarakat. Kedua, bagi pertukaran gagasan yang positif,” ujar Teguh Santosa.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar dalam kompetisi politik nanti yang diperbincangkan dan yang dipercakapkan di ruang publik, terutama di ruang publik digital, adalah gagasan-gagasan dan program-program kerja. Bukan lagi pernyataan-pernyataan yang emosional dan statement-statement yg menyerang personal.

“Sya kira itu yang perlu disampaikan JMSI dalam konteks membantu publik untuk mendapatkan buah pikiran terbaik yang itu nanti bisa dihadirkan di hadapan masyarakat sehingga pemilih nanti mendapat semacam guidance,” katanya lagi menekankan.

Teguh Santosa mengatakan, tidak mungkin JMSI mengeluarkan keputusan yang isinya mendukung partai politik peserta pemilu, calon anggota legislatif, apalagi calon presiden.

“Jadi, cuma imbauan saja agar diperluas ruang bagi realitas dan ruang bagi gagasan,” demikian Teguh memberikan penekanan.

Adapun diskusi yang digelar JMSI Jakarta bertema “Pers Indonesia: Dulu, Kini dan Masa Depan” yang dipandu Sekretaris JMSI Jakarta, Aendra Medita. Juga hadir dalam diskusi itu anggota Dewan Pembina JMSI Pusat Ismet Rauf, Ketua Bidang Kerjasama Antar Lembaga JMSI Pusat Khalid Zabidi, dan Ketua Harian JMSI Jakarta Darmawan Sepriyossa.   

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita