Berita

Gondol PWI Jaya Award, Anies Baswedan: Memfasilitasi Kebebasan Pers adalah Keharusan

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya memberikan penghargaan PWI Jaya Award untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dinilai memiliki kontribusi signifikan pada kebebasan pers di ibukota.

Penghargaan PWI Jaya diserahkan kepada Anies pada puncak acara Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ke-48 di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/9).

Dalam kesempatan tersebut, Anies mengapresasi peran pewarta di Jakarta melalui PWI Jaya karena selama ini ikut membangun ekosistem jurnalistik yang sehat.

Menurut Anies, penghargaan yang diterimanya dianggap sebagai pengingat bahwa pejabat publik harus membuka ruang kebebasan yang transparan bagi kegiatan jurnalistik.

"Kami mengapresiasi teman-teman pewarta yang ikut bersama bangun ekosistem jurnalisme sehat di Jakarta. Kami pun berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ini sebuah penghormatan. Kami sendiri merasa bahwa memfasilitasi itu (kebebasan pers) adalah suatu keharusan," kata Anies.

"Apalagi berada di ranah publik dan teman-teman yang memantau ini semua. Saya merasa salut kepada teman-teman di PWI. Dan terima kasih atas penghargaannya, ini menjadi pengingat bagi saya dan kita semua untuk selalu menjaga ruang kebebasan itu," sambungnya.

Terkait penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin ke-48 Tahun 2022, Anies menilai siapapun yang memenangkan penghargaan ini bisa menjadi motivasi pewarta untuk menghasilkan berbagai karya yang dibutuhkan masyarakat.

"Dengan adanya pemberian award ini yang dijalankan dengan sistem meritokratik, ini membuat kredibilitas dari penghargaan menjadi sangat kuat," kata Anies.

Anies berharap Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin ini menjadi motivasi bagi seluruh wartawan untuk menghasilkan karya yang baik.

"Ini adalah satu tanda keberhasilan dalam berkarya. Jadi, saya sampaikan selamat kepada para pemenang. Kami di Jakarta tentu sangat mendukung, karena kegiatan ini telah berjalan selama 48 tahun," demikian Anies.

Perlu diketahui, terdapat tujuh kategori karya jurnalistik yang dilombakan pada Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin ke-48 ini, yaitu kategori teks, kategori foto, kategori video TV terestrial, kategori video TV streaming, kategori radio, kategori infografis, dan kategori tajuk.

Karya-karya yang dilombakan pada Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin 2022 ini merupakan karya-karya yang dipublikasikan di media cetak, elektronik, dan online dalam kurun waktu antara 1 Juni 2021 hingga 31 Mei 2022. Total ada 482 produk jurnalistik yang mengikuti ajang ini.

Ketua Dewan Juri Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin 2022, Irmanto menyampaikan, produk jurnalistik yang terkumpul pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah karya sekitar 30 persen dari tahun lalu. Dinamika dan kemajuan Ibu Kota juga tergambar dengan jelas di setiap karya.

“Tulisan-tulisan, video, foto maupun infografis ini terlihat dengan nyata. Kalau saya boleh simpulkan bahwa pemenang dari Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin tahun ini luar biasa. Mereka bukan saja mampu menggambarkan dengan baik, tapi juga tidak kehilangan daya kritisnya terhadap kebijakan yang diambil oleh Pemprov DKI,” kata Irmanto.

“Saya pikir, juara-juara ini patut menjadi teladan, patut menjadi contoh bagi teman-teman wartawan yang biasa meliput dan menyelami kehidupan Jakarta,” pungkasnya.

Foto Lainnya

Gubernur Rusdy Mastura Sambut Baik Kehadiran JMSI di Sulteng

Sebelumnya

Didominasi Tema Kemajuan Ibu Kota, Inilah Pemenang Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ke-48

Berikutnya

Artikel Berita