Berita

Banksasuci Foundation Didukung JMSI Aksi Konkret Pungut Sampah

KOMENTAR
post image

Aktivis dan penggiat lingkungan hidup yang tergabung dalam Banksasuci Foundation mengkahiri rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, melalui aksi Plogging Se-Tangerang Raya di Kota Tangerang Selatan, Sabtu (11/06).

Ketua Banksasuci Foundation, Ade Yunus menjelaskan kegiatan Plogging yang dilaksanakan di tiga wilayah (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan) itu merupakan aksi kampanye simpatik dalam rangka mengurangi berbagai sampah plastik.

Berita Terkait


"Kita harus memulai, gerak dan aksi. Penanganan sampah plastik, tidak bisa sekedar dibicarakan apalagi diwebinarkan, harus terus digaungkan melalui aksi kampanye nyata," Ade menegaskan seusai kegiatan.

Melalui kegiatan plogging (jogging sambil pungut sampah) tersebut, ia berharap dapat menularkan kesadaran kepada seluruh pihak untuk melakukan perannya masing-masing guna mengurangi sampah plastik.

"Selepas kegiatan plogging, beberapa peserta menyampaikan testimoni sekarang mereka sudah terbiasa membawa tumbler, belanja selalu menggunakan ecobag, dan gak betah melihat sampah dijalan, refleks dipungut, sebuah aksi lebih berdampak dari sejuta kata-kata," papar dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, Wahyunoto mengapresiasi kegiatan Plogging Banksasuci yang kali ini menggandeng Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Banten, dibarengi dengan kegiatan Gowes bersama seiring dengan rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang Selatan.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada rekan-rekan Banksasuci, yang kebetulan kegiatannya bersinergi dengan kegiatan kami, sehingga dapat Berkolaborasi aksi dengan tujuan yang sama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup khususnya di Kota Tangerang Selatan," ucap Wahyu.

Ia bertekad pihaknya akan terus melakukan langkah dan upaya menekan serta mengurangi sampah plastik di Wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

"Insya Allah melalui ikhtiar program-program yang akan kami lakukan, upaya pengurangan sampah plastik dapat terwujud dengan kolaborasi dan dukungan seluruh stakeholder terkait," kata dia.

Sementara itu, Ketua JMSI Banten Wahyu Hariyadi menyampaikan pelestarian lingkungan hidup salah satu komitmen dalam menjaga keseimbangan alam.

"Kita ikut kampanyekan ke masyarakat pentingnya menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup," tegas Wahyu.

Diketahui kegiatan plogging dan gowes yang diikuti puluhan penggiat lingkungan hidup bersama warga di akhir pekan ini mengambil start The Breeze, menyusuri Taman Kesehatan dan finish di Teras Kota, BSD.

Foto Lainnya

Wacana Wartawan Menerima Tunjangan dari Pemerintah Ditolak PWI

Sebelumnya

M. Sukri: JMSI Kaltim Libatkan Diri untuk Sukes Pemilu 2024

Berikutnya

Artikel Artikel