Berita

Ridwan Mooduto Akan Hadirkan Ketua KPK Firli Bahuri dalam Pengukuhan JMSI Gorontalo

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Ketua JMSI Gorontalo Ridwan Mooduto/Ist

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) terus menancapkan taringnya ke seluruh Indonesia setelah ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers.

Penetapan organisasi media massa berbasis internet ini sebagai konstituen melalui SK Dewan Pers No: 15/SK-DP/I/2022 tanggal 10 Januari 2022 yang ditandatangi oleh Ketua Dewan Pers M. Nuh.

Berita Terkait


Saat pelantikan JMSI Jawa Barat, 21 Januari 2022 di Hotel Horison Bandung, Dewan Pers meminta agar peran JMSI melakukan pembinaan media Siber lebih dimaksimalkan. Sebab pertumbuhan media siber semakin tinggi di masa depan.

“Kami berharap setelah menjadi Konstituen Dewan Pers, JMSI dapat lebih membantu kami dalam upaya pembinaan media siber yang pertumbuhannya semakin pesat,” kata Hendri Ch Bangun.

Mantan wartawan Kompas ini mengungkapkan bahwa hasil penelitian Dewan Pers, pergeseran akses informasi ke media siber lebih besar ketimbang cetak dan TV.

Namun yang mengkhawatirkan masyarakat lebih cenderung mendapatkan informasi melalui platform digital seperti facebook, instagram (IG) twitter, serta medsos lainya.

Menyambut baik yang disampaikan Dewan Pers, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa bersyukur organisasinya ditetapkan sebagai Konstituen Dewan Pers yang perjuangannya begitu panjang dan terjal, namun Dewan Pers membuka diri menerima keberadaan JMSI setelah dilakukan verifikasi faktual ke 12 pengurus daerah.

“Kami akan membantu Dewan Pers untuk menangkal hoax dan membina anggota, serta insan media siber dalam meningkatkan layanan informasi bermutu kepada masyarakat,” kata Teguh yang merupakan CEO RMOL.ID.

Teguh berpesan kepada seluruh Pengda agar segera menyelesaikan tugas yang tertunda dengan melakukan Pengukuhan dan Rakerda JMSI setiap daerah.

Menanggapi pesan itu, Ketua JMSI Gorontalo Ridwan Mooduto menyampaikan kesiapan pelaksanaan Pengukuhan serta Rakerda yang bakal dirangkaikan Seminar Anti Korupsi untuk memberikan kontribusi nyata bagi Gorontalo, khususnya dalam upaya pencegahan korupsi yang merupakan salah satu penyebab kemiskinan.

“Alhamdulillah, JMSI sudah terverifikasi dan secara resmi menjadi Konstituen Dewan Pers. Kami akan memanfaatkan organisasi ini untuk kepentingan publik di sektor informasi yang sehat dan berkualitas,” kata Ridwan.

Ridwan mengatakan, pengukuhan yang dirangkaikan seminar sudah dikomunikasikan dengan JMSI Pusat agar berkenan menghadirkan Ketua KPK RI Firli Bahuri di Gorontalo.

Meskipun secara organisasi, kata Ridwan, JMSI Gorontalo sudah menyampaikan undangan agar Ketua KPK berkenan menghadiri hajatan daerah.

Menurutnya, kehadiran Ketua KPK Firli Bahuri di acara pengukuhan akan menambah semangat aktifis anti korupsi Gorontalo.

"Terkait pelaksanaannya, sejak awal JMSI Gorontalo sudah sangat siap. Hanya memang terkendala pandemi Covid-19 yang menerpa negara kita. Yang penting pengurus dan panitia sudah sangat siap," ucap Ridwan.

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita