Berita

Ketum PWI Atal Depari Janji Ikutsertakan Museum Perjuangan Pers dalam Pameran HPN di Sumut

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari (kedua dari kanan) saat berkunjung ke Museum Perjuangan Pers, Jumat (22/10)/Net

Perhatian serius harus diberikan pemerintah daerah dan pusat pada upaya-upaya meningkatkan wajah dan isi Museum Perjuangan Pers.

Salah satunya seperti Museum Perjuangan Pers yang dikelola wartawan senior Drs. H. Muhammad TWH (88 tahun) di Jalan Sei Alas No.6 Medan, Sumatera Utara.

Berita Terkait


Harapan itu disampaikan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari saat berkunjung ke Museum Perjuangan Pers, Jumat (22/10).

Dia datang dengan didampingi isteri dan Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh. Kedatangan mereka disambut antusias Ketua dan Wakil Ketua Museum Perjuangan Pers, Drs. H. Muhammad TWH dan H. A. Ronny Simon.

“Bagi saya apa yang dilakukan H. Muhammad TWH ini luar biasa. Berinisiatif sendiri. Mendokumentasikan sejarah-sejarah pers nasional sejak perjuangan tokoh-tokoh bangsa kita di sini dan saya kira ini jadi dokumentasi yang padat di sini,” ujarnya.

Atal semakin bangga lantaran banyak mahasiswa menyelesaikan skripsi dari tempat ini. Bukan hanya mahasiswa Sumatera Utara, tapi juga mahasiswa nusantara hingga luar negeri.

Atas dasar itu, menurut Atal, tidak berlebihan jika dorongan untuk melestarikan Museum Perjuangan Pers diutarakan.

“Insya Allah nanti kita mohon supaya mendapat perhatian dari pemerintah,” tambahnya.

Bagi Atal dokumen yang tersimpan di museum ini juga memiliki nilai sejarah tinggi dan tidak mudah ditemukan. Artinya, jika dokumen tersebut rusak, maka mustahil menemukan penggantinya.

“Karena itu, kita harus pelihara dan pemerintah juga harus ikut memperhatikannya ke depan,” kata Atal S. Depari.

Sebagai langkah nyata, Atal berjanji akan mengikutsertakan museum tersebut dalam pameran pada Hari Pers Nasional (HPN) di Sumut yang rencananya dilaksanakan di Medan tahun 2023 mendatang dan dihadiri Presiden RI Jokowi.

“Gubsu Edy Rahmayadi juga sudah merespon dan akan mempersiapkannya dalam dua tahun ke depan pelaksanaan HPN tersebut,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Drs. H. Muhammad TWH mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari beserta isteri dan Zulkifli Gani Ottoh ke museum yang dikelolanya secara mandiri.

“Terus terang saya sangat senang dan bangga atas kunjungan Ketua Umum PWI Pusat ke Museum Perjuangan Pers,” kata Muhammad TWH yang saat itu membeberkan sejarah lahirnya museum tersebut.

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita