Berita

Al Haris Peduli Kompetensi Wartawan, Ingin UKW Setiap Tahun

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Gubernur Jambi terpilih, Al Haris, dan Ketua JMSI Jambi, Doddi Irawan.

Gubernur Jambi terpilih, Al Haris, sangat perhatian pada jurnalis dan media massa. Demi kemajuan jurnalis di Jambi, Al Haris menilai perlu dilaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) setiap tahun.

Kepada wartawan, Wo Haris —sapaan akrab Al Haris— menyebutkan bahwa kemajuan daerah tak terlepas dari kemajuan media massa. Media sebagai penjaga demokrasi, harus lebih maju agar masyarakat cerdas.

Berita Terkait


“Salah satu visi media massa adalah mencerdaskan bangsa. Ini tugas berat. SDM media harus dikembangkan demi kemajuan bersama,” ungkap mantan pegawai RRI ini.

Al Haris tahu, Dewan Pers mewajibkan seluruh jurnalis mengikuti UKW untuk mendapatkan sertifikat jurnalis yang telah lulus uji kompetensi. Namun, karena pandemi covid-19, pelaksanaan UKW tertunda di beberapa daerah.

Pemerintah daerah sudah sepatutnya mendukung program Dewan Pers ini dengan melaksanakan UKW sebanyak-banyaknya, agar seluruh jurnalis bisa teruji kompetensinya.

“Bisa saja yang menganggarkan pemerintah, pelaksananya lembaga penguji atau organisasi kewartawanan. Intinya, pemerintah harus siap memajukan media massa, untuk membantu memajukan masyarakat dengan literatur berkualitas,” papar Bupati Merangin dua periode ini.

Melihat tingginya kebutuhan UKW bagi kalangan jurnalis, sudah selayaknya diadakan dua kali dalam setahun. Atau bisa lebih dari dua kali setahun, supaya jurnalis di Jambi seluruhnya berkompeten.

Selain UKW, jurnalis juga butuh pelatihan-pelatihan menulis yang dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan. Tujuannya agar kemampuan menulis dan wawasan jurnalis di Jambi berkembang pesat.

“Saya menyambut industri 4.0, kawan-kawan jurnalis dituntut lebih cepat dan tepat menangkap perkembangan di masyarakat. Ini perlu skill tinggi, perlu pelatihan-pelatihan untuk memperkaya kemampuan,” ujarnya.

Harapan Al Haris ini diapresiasi oleh Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jambi, Doddi Irawan. Doddi menilai Al Haris sangat peduli pada kualitas dan kompetensi wartawan, dan patut didukung.

Doddi mengungkapkan, untuk menjembatani pelaksanaan UKW bagi para wartawan di Jambi, JMSI sebagai organisasi perusahaan media siber siap membantu sepenuhnya. 

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita