Berita

JMSI Lampung Percepat Perusahaan Pers Terverifikasi Dewan Pers

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Ketua JMSI Lampung Taswin Hasbullah menyerahkan lukisan Ketua Umum Teguh Santosa di kantor JMSI Lampung, bulan April 2022./Ist

Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Lampung percepat perusahan pers yamg tergabung sebagai anggota, agar terverifikasi oleh Dewan Pers.

Menurut Ketua JMSI Lampung H. Taswin Hasbullah, MM, MH, pada awal ini, sedikitnya sepuluh media yang bergabung di JMSI Lampung dapat segera terverifikasi faktual oleh Dewan Pers.

Berita Terkait


Memang, katanya, ada beberapa kendala atau kelemahan yang dihadapi perusahaan pers di Lampung terkait kelengkapan dokumen, seperti BPJS dan peraturan perusahaan.

“Saya berharap, sesulit apapun itu, para anggota tetap terus berusaha lulus verifikasi,” kata Direktur Lampung Newspaper dan SaburaiTV ini, Senin (11/7/2022), seperti dikutip dari LampungNewsPaper.com.

Dia bilang, kehadiran JMSI di Lampung adalah untuk mendorong perusahaan pers selaku entitas bisnis melakukan pembenahan manajemen perusahan, agar setiap informasi yang dilahirkan memiliki pertanggungjawaban yang kuat kepada publik.

Proses verifikasi faktual yang dilakukan oleh Dewan Pers, merupakan bukti keberadaan perusahaan pers sebagai entitas bisnis yang memiliki kelengkapan administrasi dan keberadaan personel, dan alamat kantor yang jelas yang telah dilakukan pengecekan oleh instansi tersebut.

Sertifikasi faktual yang diterbitkan oleh Dewan Pers adalah sebagai bentuk tanggung jawab informasi publik yang diterbitkan oleh perusahaan pers, sehingga kedepannya segala bentuk sengketa pers dapat diselesaikan melalui UU Pers sebagaimana ketentuan yang ada.

Selain itu, dalam mengembangkan semangat profesionalisme, JMSI Lampung juga membuka kesempatan kepada perusahaan media siber di Provinsi Lampung untuk bergabung. Bagi yang berminat dapat segera menghubungi duta pengurus harian JMSI untuk masing-masing wilayah.

Bang Taswin -sapaan akrab Taswin Hasbullah menyebutkan, duta JMSI ini dibentuk, agar lebih memudahkan sosialisasi dan menjaring para anggota baru yang ingin bergabung.

Adapun duta JMSI Lampung sebagai penanggung jawab wilayah Kota Bandarlampung (Adi Pranoto – rmollampung.id), Mesuji dan Tulangbawang (Buchori Muzzamil – be1lampung.com), Tulangbawang Barat (Helmi Jaya – medsoslampung.com), Pesawaran dan Pringsewu (Djauhari – bongkarpost.com), Lampung Selatan (Khairul – saburaitv.com).

Kemudian Lampung Tengah (Raja Agung Carapoboka – actual.com), Waykanan (Barusman – difatv.news), Lampung Barat dan Pesisir Barat (Abdul Karim – radarlampung.co.id), Tanggamus (Rudi Andrianto – lampungnewspaper.com), Metro dan Lampung Timur (Djunaidi Djohan – eksposerakyatlampung.com), dan Lampung Utara (Saiful Amri – pikiranrakyat.com).

Bang Taswin bilang, jika persyaratan anggota lengkap sesuai peraturan organisasi, maka akan dibuatkan sertifikat anggota JMSI Lampung.

Adapun tugas utama duta JMSI Lampung, yakni melakukan sosialisasi peraturan organisasi ke mitra kerja dan menyiapkan pembentukkan ketua cabang JMSI di setiap kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Dia berharap hadirnya JMSI Lampung, dapat mengembalikan marwah perusahaan media siber berpedoman pada semangat profesionalisme. “Kita tetap berusaha, agar media yang tergabung di JMSI dapat menghindari berita hoaks, copypaste, dan clikbait (judul berita yang menjebak, red),” ujarnya.

Setidaknya, jaringan media siber harus berfungsi menjadi wadah, agar perusahaan pers dikelola secara bisnis dapat memproduksi berita berkualitas dan cover both side, serta terverifikasi oleh Dewan Pers.

Menurutnya, pengelolaan media massa kedepannya sangatlah berbeda, sehingga jika ingin bertahan haruslah beradaptasi dam manajemen media harus visioner dan mampu memperkirakan bisnisnya kedepan.

“Diera digital, Big data bisa lebih berharga dari logam mulia. Kita harus menggumpulkan data-data itu, sehingga menjadi bisa bermanfaat buat perusahaan,” pesan direktur lampungnewspaper.com ini.

Diakuinya, pengelola perusahaan pers seutuhnya belum memahami transformasi digital. Selama ini, banyak yang mengartikan transformasi media yakni memindahkan konten-konten berita edisi cetak ke website/online atau dalam bentuk format pdf.

Padahal, ini kesalahpahaman. Transformasi digital sangatlah luas. Berkaitan dengan teknologi tinggi,  sumber daya manusia, budaya. Bahkan ada algoritma digital, dan big data.

Dia berharap, perusahaan pers berbasis digital terus berintegritas dalam menjaga marwah media massa. Dengan cara ikut mengawasi produk dari perusahaan pers digital, sehingga semakin profesional dan baik.

Kemudian, JMSI memiliki kewajiban pula dalam hal mengedukasi para wartawan dengan tidak henti-hentinya mengingatkan soal kode etik jurnalistik yang harus dipegang teguh dan bersikap profesional dalam menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis.

Untuk diketahui, Pengda JMSI Provinsi Lampung Periode 2022-2027 secara resmi dilantik oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa dan disaksikan Ketua KPK RI Firli Bahuri, di Ballroom Hotel Novotel Bandarlampung, Sabtu (23/4/2022) lalu.

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita