Berita

Ketua Dewan Pers Apresiasi JMSI Ambil Peran Penting Majukan Pers Nasional Jelang Pemilu 2024

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Dewan Pers mengapresiasi gerakan konkret dari Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dalam memajukan pers nasional. JMSI yang telah menjadi konstituen ke-11 di Dewan Pers mulai menggulirkan diskursus dalam rangka menyongsong Pemilu 2024.    

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra dalam acara Halal Bihalal JMSI dan Diskusi Publik bertajuk “Tantangan Pers Nasional di Tahun Politik Menuju 2024” di Roemah Djan, Jalan Talang, Menteng, Jakarta, pada Kamis (9/6).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada JMSI, konstituen nomor 11 dari Dewan Pers. Saya sebagai ketua Dewan Pers mengucapkan terima kasih kepada Bung Teguh Santosa yang atas kepemimpinannya di JMSI dengan berbagai upanyanya memajukan insan pers kita,” ucap Azyumardi Azra.

Azyumardi mengatakan, diskursus mengenai peran pers nasional dalam rangka menyambut Pemilu 2024 menjadi hal yang penting. Sebab, pers sebagai pilar keempat demokrasi memiliki peranan dalam rangka menciptakan kohesi sosial pada pemilu nanti.

“Peran sangat penting pers kita menyebarkan dan mensosialisasikan pemahanan demokrasi yang benar mengenai pemilu kita. Memelihara dan menjaga keutuhan sosial,” tuturnya.

Atas dasar itu, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu berharap pers bisa mengambil peran penting dalam Pemilu 2024 nanti dengan menghadirkan narasi-narasi yang tidak memecah-belah. Selain itu, pers juga diharapkan tidak bersikap partisan pada pemilu nanti.

“Penting dijaga jangan terlalu partisan terhadap figur politik tertentu sesuai dasar pers kita,” demikian Azyumardi Azra.

Hadir pembicara lainnya dalam acara ini, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang.

Berita Terkait


Foto Lainnya

Wacana Wartawan Menerima Tunjangan dari Pemerintah Ditolak PWI

Sebelumnya

M. Sukri: JMSI Kaltim Libatkan Diri untuk Sukes Pemilu 2024

Berikutnya

Artikel Artikel