Artikel

Anies Baswedan: JMSI Tumbuh Besar untuk Ikut Menangani Krisis

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ketika bicara pada webinar HUT JMSI/Repro


Kehadiran Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang dideklarasikan pada tanggal 8 Februari 2020 di arena HPN 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, seperti sudah ditakdirkan.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ketika berbicara di webinar yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun JMSI, Senin (8/2), organisasi perusahaan media massa berbasis internet yang dipimpin Teguh Santosa itu datang di saat yang tepat.

Berita Terkait


Ia berharap agar media yang bergabung di bawah payung JMSI mengedepankan karya jurnalistik yang objektif dan mengedepankan akurasi.

Pemberitaan di era pandemi Covid-19 saat ini, kata Anies lebih lanjut, akan dibaca oleh generasi pada puluhan tahun yang akan datang.

Berikut pesan yang disampaikan Anies dalam webinar yang dihadiri tak kurang dari 200 pengurus JMSI di seluruh Indonesia.

JMSI seperti ditakdirkan untuk hadir persis sebelum Covid-19.

Ketika dilahirkan tahun lalu, bulan Februari, itu di masa kita sedang memasuki musim Covid-19. Lalu masyarakat diminta berada di rumah, dan ketika berada di rumah mengakses media lewat platform digital, dan teman-teman yang bergabung di JMSI menjadi solusi.

Saya melihat, peran teman-teman di JMSI sangat besar. Salute. Mas teguh dan teman-teman datang di saat yang tepat dan menjadi aluran untuk bisa menjangkau warga seluruh Indonesia. Saya melihat ini menjadi satu peran.

Kalau boleh saya sampaikan di sini, peristiwa pandemi ini peristiwa bersejarah, lintas generasi. Kejadiannya tahun 2020, 2021, akan menjadi bahan pembicaraan, bahan bahasan sampai tahun-tahun yang akan datang. Mungkin sampai puluhan tahun yang akan datang akan ditengok lagi peristiwa ini.

Oleh karena itu, saya mengharapkan pada teman-teman yang aktif di JMSI, sadari bahwa yang kita tulis hari ini akan dibaca generasi anak-anak dari anak-anak kita.

Jadi, bukan hanya dibaca oleh audiens pada hari ini, tetapi akan dibaca oleh audiens di masa yang akan datang.

Karena itu objektivitas penting, akurasi penting, fakta apa adanya, dan ini juga yang saya sampaikan kepada jajaran.

Jangan pernah, jangan pernah, menutup-nutupi apapun yang terkait dengan ini. Karena itu kami di Jakarta, dari awal super transparan.

Saya mengundang juga kepada teman-teman, kalau sempat lihat website corona.jakarta.go.id. Di situ ada seluruh informasi yang kami sampaikan secara lengkap dan apa adanya. Karena kami yakin bahwa penanganan yang benar dimulai dengan pengungkapan kebenaran.

Dan inilah insya Allah yang akan selalu menjadi misi kami.

Karena itu saya senang dengan teman-teman di JMSI, hadir persis sebelum krisis, 8 Februari 2020, dan sekarang sudah satu tahun. Artinya, tumbuh besar untuk ikut menangani krisis.

Selamat untuk teman-teman semua, Mas Teguh dan seluruh jajaran. Selamat, ini peran sejarah yang sedang dipegang teman-teman.

Terima kasih.

Foto Lainnya

Jurnalisme Minus Kepekaan Sosial

Sebelumnya

3 Mei Hari Kebebasan Pers Dunia

Berikutnya

Artikel Artikel