Berita

Mundur dari SMSI, Media Siber di Kalsel Gabung JMSI

Laporan: Tim Redaksi JMSI
KOMENTAR
post image

Sejumlah media massa berbasis siber di Kalimantan Selatan menyatakan mundur dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). Mereka memilih berkomitmen dengan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

“Kami sudah mengirim surat pengunduran diri itu ke pengurus SMSI Pusat,” kata Milhan Rusli kepada wartawan, usai rapat dengan para anggotanya, Rabu (12/2).

Milhan menjabat sebagai Ketua SMSI Kalsel periode 2019-2024 resmi mengundurkan diri. Pengunduran diri Milhan ini diikuti oleh 12 anggotanya.

Bersama para eks SMSI itu, Milhan berkomitmen untuk membentuk serta mengisi organisasi JMSI di Kalsel.

Namun begitu, diakui Milhan baru sebagian yang memilih komit bergabung ke JMSI. Dalam waktu dekat mereka akan diajak untuk bergabung ke JMSI.

Sejauh ini, sejumlah media siber telah menyatakan bergabung di JMSI. Antara lain apahabar.com, Kalselpos.com, Kalimantanpost.com, Baritopos.com, Infobanua.com, Antara.com, Beritabanjarmasin.com, Koranbanjar.com, Metro7.co.id, Kabarkalimantan.com, Matabanua.com, Wartaniaga.com, Suaraborneo.com, Riliskalimantan.com, Mediaprospek.com, dan Metrokalimantan.com.

“Ini baru sebagian perusahaan media yang secara resmi sudah menyatakan diri siap bergabung ke JMSI,” kata Milhan.

Untuk selanjutnya, dalam waktu dekat JMSI akan menggelar pertemuan kembali untuk membentuk kepengurusan sementara, menjelang dilaksanakan Munas JMSI I di Pekan Baru, Riau, Juni mendatang.

JMSI, kata Milhan, sebagai wadah baru siap menampung aspirasi media daring atau online di Kalsel. Terutama mereka yang belum terverifikasi di Dewan Pers.

JMSI resmi dideklarasi pada Sabtu, 8 Februari 2020 di Hotel Aria Barito, pada moment Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin.

Pada acara deklarasi JMSI, selain Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang, juga dihadiri tiga anggota Dewan Kehormatan PWI, Sasongkotedjo, Rossiana Silalahi, dan Teguh Santosa yang diberi mandat membentuk pengurus JMSI di DKI Jakarta.

Selain tokoh PWI di tingkat nasional, sejumlah tokoh senior PWI dari berbagai daerah juga ikut membidani kelahiran JMSI. Di antaranya Dheni Kurnia dari Riau, Mursyid Sonsang dari Jambi, Syahrizal Aziz dari Sumatera Barat, dan Mahmud Marhaba dari Gorontalo yang secara aklamasi dipercaya deklarator menjadi Plt. Ketua Umum JMSI.

Sumber: Apahabar.com

Foto Lainnya

JMSI Papua Tengah Gelar Buka Puasa Bersama, Ustad Azam Pesan Jurnalis Bangun Bangsa Ini dengan Literasi yang Baik

Sebelumnya

Bukber, Santunan, dan Ngobras

Berikutnya

Artikel Berita